-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Razia Makanan, Tim Gabungan Temukan Makanan Kedaluwarsa

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Razia Makanan, Tim Gabungan Temukan Makanan Kedaluwarsa

Tim gabungan memeriksa makanan dan minuman. 

GROBOGANTODAY -  Menjelang Natal dan Tahun baru petugas gabungan dari  Puskesmas Grobogan, Polsek Grobogan, Koramil Grobogan dan Satpol PP  melakukan inspeksi mendadak untuk memastikan makanan dan minuman (mamin) yang beredar di pasaran layak konsumsi di Kecamatan Grobogan, Senin(19/12/2022). .


Sejumlah makanan kedaluwarsa dan kemasannya rusak ditemukan dalam kegiatan tersebut. Bahkan ditemukan bahan makanan berbelatung karena kemasannya rusak. 


"Kita dapatkan beberapa sampel makanan dan minuman terindikasi kedaluwarsa dan mendekati kedaluwarsa serta ada kerusakan di kemasan," terang Wiwik Wibawa dari Puskesmas Grobogan didampingi Kapolsek Grobogan, Iptu Candra. 


Pihaknya mengimbau kepada pedagang yang kedapatan barangnya yang sudah kedaluwarsa untuk segera menarik barang tersebut dan tidak dijual lagi. Serta melakukan pengecekan terhadap semua barang yang diperjual belikan. 


“Tadi juga kita temukan barang dengan kemasan tidak layak di swalayan dan ada pula yang kedaluwarsa. Kita himbau kepada manajemen untuk segera menariknya,” terangnya.


Terkait ditemukannya belatung, Wiwik Wibawa menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena adanya kebocoran kemasan. Sehingga mengundang lalat untuk bertelur dan menjadi belatung.


"Ini bisa disikapi dengan selalu menjaga kebersihan. Di samping itu, barang-barang yang mengalami kebocoran segera disingkirkan, " katanya. 


Menurutnya, tingkat konsumtif masyarakat jelang dan memasuki natal dan tahun baru  biasanya meningkat.  Sehingga timbul kekhawatiran adanya barang tak layak konsumsi yang masih tersebar dan bisa membahayakan masyarakat sebagai konsumen. 


“Biasanya pembeli datang berbarengan dan kurang ketelitian dalam membeli. Jika ditemukan barang kedaluwarsa yang tidak layak dijual, akan merugikan mereka. Makan dilakukan pengawasan intensif," ujarnya. 


Ia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih jeli saat membeli, ketelitian dibutuhkan saat membeli. 


“Masyarakat harus membiasakan sebelum membeli untuk teliti. Jika menemukan barang kadaluwarsa atau mendekati jangan diambil. Barang yang rusak kemasannya, terbuka, berkarat lebih baik dihindari," ujarnya.  

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post