-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Pameran Keris Ikut Semarakkan Hari Jadi Grobogan ke-297

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Pameran Keris Ikut Semarakkan Hari Jadi Grobogan ke-297

Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama FKPD melihat keris yang dipamerkan. 


Purwodadi, GROBOGANTODAY - Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi kegiatan pameran keris yang baru pertama kali digelar oleh pemerintah kabupaten Grobogan. Pagelaran Keris “Ngunggah Pusoko Bumi Pepali “ dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Grobogan yang ke 297 diselenggarakan di gedung seba guna Dewi Sri Purwodadi, mulai tanggal 10-12 Maret 2023.


"Dengan pameran ini masyarakat bisa tahu bahwa keris itu sebuah mahakarya yang dalam pembuatannya memiliki filosofi. Jadi tidak lagi dipandang mistis seperti yang ada di masyarakat," katanya, Jumat (10/3/2023) malam. 


Ia juga menambahkan, mendukung kegiatan ini, sebab ada sisi edukasi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, terlebih lagi pelajar. Masyarakat, terutama generasi milenial mendapatkan edukasi tentang keris sebagai salah satu warisan budaya nonbendawi yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Bahkan, dengan kegiatan ini juga bisa tersampikan pesan agar masyarakat selalu mencintai benda bersejarah dan mempelajarinya agar tidak diambil negara lain.


"Saya harapkan akan memberikan wawasan kepada generasi penerus, bahwa keris adalah peninggalan budaya leluhur yang saat ini sudah terdaftar sebagai warisan dunia. Keris tidak hanya semata berfungsi sebagai senjata tradisional, tapi juga memiliki nilai-nilai filosofis dengan estetika yang tinggi, karya seni dengan keindahan serta mempunyai nilai historis sebagai identitas kebudayaan," ujarnya.


Pameran keris ini diikuti para kolektor, komunitas penggemar keris, pebursa keris se Jawa bahkan ada yang dari NTB. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post