-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Tekan Stunting & Ketahanan Pangan, Pemdes Tlogotirto Budidayakan Ikan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tekan Stunting & Ketahanan Pangan, Pemdes Tlogotirto Budidayakan Ikan

Kades Tlogotirto, Tri Adi Saputra sedang memberi makan ikan. 


Gabus, GROBOGANTODAY - Pemerintah Desa Tlogotirto, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan mempunyai inovasi untuk menurunkan angka stunting di wilayahnya. Yakni dengan membudidayakan ikan untuk warganya. 


"Ini juga sebagai wujud dukungan program pemerintah pusat terkait ketahanan pangan," kata Kades Tlogotirto, Tri Adi Saputra saat ditemui Grobogan Today, Sabtu(18/3/2023).


Saat ini, ikan nila di kolam itu sudah berumur enam bulan. Sebelumnya ia menebarkan sebanyak 5.000 benih ikan ke dalam kolam berukuran 25x30 meter.


"Lokasi kolam ini berada di tanah kas desa. Di sebelah utara kolam juga kami tanami buah-buahan. Ada alpukat, sawo dan belimbing," katanya.


Menurutnya sebentar lagi ikan nila akan dipanen besar-besaran. Rencananya saat ramadhan. Dari sanalah menurutnya gerakan gemar makan ikan juga dapat tercipta. 


"Nanti sekolah bisa mengajukan ke kami, untuk diolah sendiri. Rencananya juga akan kami berikan ke pesantren dan madrasah-madrasah untuk buka bersama," tambahnya.


Dia berharap dengan kegiatan tersebut dapat memupuk minat anak dan orang tua untuk terus berupaya memberikan gizi terbaik selama tumbuh kembang anak.


“Kami ingin generasi mendatang cerdas, sehat kuat dan memiliki generasi yang gemilang. Kami berharap dengan makan ikan ini dapat menurunkan angka stunting di Desa Tlogotirto. Karena ikan kaya protein, vitamin, omega 3 dan omega 6,” harapnya. 


Nantinya, lanjut Adi, ikan akan dibagikan ke rumah secara langsung. Lewat kader kesehatan, akan diolah bersama bahan makanan lain. Untuk program pemberian makanan tambahan (PMT).

 

"Karena permasalahan stunting harus dimulai sejak bayi, maka juga diperuntukkan untuk ibu hamil," ujarnya.
 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post